20 Gejala Kanker Serviks

20 Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks, biasa disebut dengan kanker mulut Rahim adalah sejenis penyakit kanker paling ditakuti oleh kaum wanita. Menurut data yang dilaporkan, diantara sekian banyak pasien kanker di tanah air, penderita kanker mulut Rahim ini bahkan mencapai sepertiganya. Tak hanya itu saja, menurut data WHO, tiap tahunnya ada ribuan wanita yang meninggal akibat kanker serviks. Untuk itulah, kanker serviks menjadi salah satu jenis penyakit kanker yang berada di posisi teratas sebagai faktor penyebab kematian pada wanita yang ada di dunia.


20 Gejala Kanker Serviks


Kanker serviks menempati posisi paling atas dari 10 jenis kanker pada wanita di Indonesia. WHO menempatkan Indonesia sebagai negara paling banyak penderita kanker serviks. Setiap hari terjadi 15 ribu kasus penderita kanker serviks. Hal ini membuat kanker serviks menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia. Setiap hari 40 orang wanita terdeteksi mengidap kanker serviks dimana 20 orang di antaranya meninggal akibat ganasnya kanker serviks.

Penyakit kanker serviks ini adalah sejenis penyakit kanker di area leher rahim tepatnya di organ reproduksi kaum wanita. Berdasarkan medis, penyebab utama penyakit kanker serviks ini diketahui dikarenakan adanya sebuah virus bernama HPV atau Human Papilloma Virus yang telah menyerang jaringan area leher rahim. Kanker serviks merupakan jenis penyakit berbahaya yang mematikan bagi kaum wanita. Hal tersebut dikarenakan terlambatnya penanganan pada penyakit ini. Pemicu utama keterlambatan penanganan penyakit kanker serviks ini dikarenakan sulitnya mengetahui gejala awal kanker serviks. Bahkan kebanyakan setiap orang, baru mengetahui kanker serviks saat sudah ada di stadium lanjut. Untuk itu, sangat penting mengetahui penyakit kanker serviks dari awal untuk mencegah kanker berkembang lebih awal.


20 Gejala Kanker Serviks

Walaupun kanker serviks sendiri sulit diketahui sejak dini, namun Anda tentunya wajib mengetahui 20 gejala kanker serviks secara umumnya. Untuk itu, berikut ulasan tentang ciri-ciri penyakit kanker serviks:

1.             Timbul Nyeri di Area Mulut Rahim
Umumnya di stadium awal penyakit kanker Rahim, gejala yang bisa dialami para penderita kanker serviks adalah munculnya rasa nyeri di area mulut Rahim. Dimana rasa sakit tersebut di stadium awal penyakit ini masih bisa ditahan dan tak begitu sering muncul. Namun tentunya, jika penderita membiarkannya begitu saja, rasa sakit ini pun akan semakin sering terjadi, bahkan semakin para terutama saat mulai memasuki tahap stadium lanjut. Jika Anda mulai mengalami rasa sakit di area mulut Rahim, sebaiknya dilakukan pemeriksaan dokter untuk dapat mengenali kemunculan penyakit kanker mulut Rahim ini.

2.             Keputihan Yang Tidak Normal
Satu diantara 20 gejala kanker serviks lainnya adalah munculnya keputihan yang tidak normal. Keputihan memang merupakan hal yang wajar bagi setiap wanita, sebab tentu banyak wanita yang mengalami keputihan. Akan tetapi, Anda jangan menyepelekan munculnya keputihan jika tidak seperti biasanya atau keputihan yang terjadi tidak wajar. Misalnya saja lendirnya sangat banyak, menimbulkan aroma yang tidak sedap dan berwarna. Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda penyakit kanker serviks. Adapun untuk memastikannya, dibutuhkan pemeriksaan secara detail oleh dokter. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera melakukan pengecekan ke dokter spesialis kandungan.

3.             Mengalami Sakit Panggul
Sakit panggul merupakan salah satu gejala kanker serviks di stadium awal. Rasa sakit yang dirasakan memang begitu luar biasa, serta terjadi bukan ketika sedang menstruasi. Biasanya kondisi tersebut dirasakan sampai berjam-jam. Di samping itu, rasa sakit yang dialami sendiri mulai dari kategori sakit ringan, hingga sakit yang sangat parah. Maka dari itu, wajib dilakukan pemeriksaan medis untuk mengenali penyakit yang paling membahayakan bagi kaum wanita ini.

4.             Pendarahan di Vagina
Timbulnya pendarahan di area vagina yang abnormal merupakan ciri paling umum yang kerap terjadi pada penderita kanker serviks. Biasanya pendarahan tersebut bisa terjadi saat periode menstruasi, maupun sesudah berhubungan badan. Bisa juga terjadi kapan saja selama tak berhubungan dengan siklus menstruasi. Pendarahan yang terjadi pada vagina, terkadang disertai adanya keputihan sedikit yang bercampur darah. Di samping itu, pendarahan ketika haid juga berlangsung lebih lama jika dibandingkan biasanya.

Terjadinya pendarahan pada vagina bisa juga terjadi pada seseorang yang sudah menopause dan tak lagi mempunyai periode menstruasi. Hal tersebut merupakan peringatan utama terjadinya kanker serviks maupun masalah yang lainnya. Adapun gejala timbulnya pendarahan di vagina yang diakibatkan oleh penyakit kanker serviks ini, diantaranya datangnya tak terjadi saat periode haid, terjadinya sesudah masa menopause, terjadi ketika berhubungan badan, masa menstruasi yang lebih lama dibandingkan biasanya dan juga adanya campuran keputihan dalam darah.

5.             Timbulnya Rasa Sakit Ketika Berhubungan Intim
Diantara 20 gejala kanker serviks yang dirasakan, poin ini biasanya menjadi tanda utama penyakit kanker serviks. Biasanya rasa sakit ketika berhubungan intim ini tak seperti biasanya, serta cenderung dilengkapi dengan rasa perih. Di samping itu, tak jarang ada juga penderita yang juga yang sampai mengalami pendarahan ketika berhubungan intim. Pendarahan ini terjadi akibat leher Rahim telah mengalami iritasi. Sebaiknya segera memeriksakan kondisi ini pada dokter agar secepatnya dilakukan penanganan dengan tepat, supaya kanker serviks yang terjadi tidak semakin parah.

6.             Frekuensi Buang Air Kecil Semakin Meningkat
Gejala lain kanker serviks di stadium awal yaitu terjadinya peningkatan frekuensi ketika buang air kecil. Bahkan hal tersebut terjadi pada wanita yang tidak sedang hamil. Sebab kondisi tersebut biasanya wajar bila dialami wnaita hamil. Untuk itu jika Anda tak sedang dalam kondisi hamil namun mengalami gejala yang satu ini, bisa dipastikan bahwa Anda telah mengidap kanker serviks di stadium awal. Di samping itu, ketika buang air kecil biasanya akan timbul rasa sakit.

7.             Kesulitan Saat Buang Air Kecil
Ketika frekuensi buang air kecil mengalami peningkatan, seseorang yang mengalami kanker serviks biasanya juga mengalami kesulitan saat buang air kecil. Keadaan tersebut dikarenakan ketika buang air kecil biasanya terasa sakit. Walaupun ciri-ciri tersebut tak selalu mengindikasikan tanda kanker serviks, namun tak ada salahnya bila Anda mewaspadai gejala tersebut.

8.             Mengalami Kelelahan
Gejala kanker serviks lainnya yaitu mengalami kelelahan. Adapun rasa lelah ini biasnaya muncull walaupun tak sedang beraktivitas. Walaupun demikian, kondisi tersebut tak selalu mengindikasikan terjadinya kanker serviks. Sebab kelelahan bisa saja terjadi pada setiap orang atau mengindikasikan penyakit lainnya. Namun jika kelelahan disertai dengan 20 gejala kanker serviks lainnya, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda munculnya penyakit kanker serviks.

9.             Kehilangan Nafsu Makan
Gejala ini memang sangat umum terjadi dialami oleh penderita kanker lainnya. Penderita kanker serviks juga mengalami penurunan berat badan atau hilangnya nafsu makan. Dimana hal tersebut disebabkan kondisi tubuh yang semakin sulit mendapatkan asupan makanan sebab perkembangan sel-sel kanker akibat kanker serviks.

10.          Terganggunya Sistem Pencernaan
Kanker serviks biasa juga akan berdampak pada sistem pencernaan. Sistem pencernaan pun akan terganggu, seperti mengalami sembelit ketika buang air besar. Namun untuk memastikan gejala tersebut sebagai gejala adanya kanker serviks di stadium awal, membutuhkan pemeriksaan dokter lebih lanjut berdasarkan medis. Dimana hal tersebut dilakukan supaya gejala penyakit kanker serviks ini bisa diketahui dengan lebih akurat.


11.          Penurunan Berat Badan
Terjadinya penurunan berat badan pada penderita kanker serviks dikarenakan penderita kehilangan nafsu makan. Hal ini tentunya membuat penderita tidak bisa mengonsumsi makanan seperti halnya pada orang normal. Karena kurangnya asupan makanan pada penderita kanker serviks ini, secara otomatis dapat menurunkan berat badan secara drastic. Belum lagi, gejala-gejala kanker serviks lainnya yang membuat penderitanya mulai merasa kesakitan dan lemas, sehingga menjadikan kondisi penderita lebih drop. Sebenarnya berat badan yang turun drastic pada penderita kanker secara umumnya kerap terjadi tanpa alasan. Badan kurus akibat kanker tak hanya disebabkan oleh kanker serviks saja.

12.          Sakit Punggung
Satu diantara 20 gejala kanker serviks lanjutan ini bisa terjadi sebab kanker telah menyebar ke area tulang punggung. Dengan begitu, biasanya pasien merasakan timbulnya rasa sakit di area punggung secara tiba-tiba dan tanpa alasan jelas, seperti dikarenakan angkat beban, banyak aktivitas ataupun cedera. Jika hal ini terjadi sekaligus disertai dengan gejala-gejala kanker serviks lainnya seperti yang sudah dijelaskan, maka Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter spesialis yang bersangkutan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan tepat.

13.          Limfedema
Pengangkatan kelenjar getah bening pada pinggul tak jarang menyebabkan terganggunya getah bening atau sistem limfe. Dimana salah satu peranannya yaitu untuk dapat mengeluarkan cairan berlebih pada jaringan tubuh. Adapun terganggunya fungsi limfe ini bisa menyebabkan penumpukan cairan pada jaringan lymphedema. Sehingga beberapa bagian pada tubuh penderita kanker serviks membengkak.

14.          Pembengkakan di Bagian kaki
Saat kanker serviks telah menyebar hingga ke bagian kelenjar getah bening di bagian lipat paha, dengan begitu timbullah pembengkakan di kaki ini. Adapun pembengkakan di kaki, biasanya terjadi karena aliran limfatik atau getah bening terhambat. Selain itu, gejala ini juga sebenarnya bisa terjadi disebabkan oleh gagal ginjal. Pembengkakan di bagian kaki ini bisa disebabkan karena pembengkakan di leher Rahim sehingga membuat kaki membengkak.

15.          Nyeri Kaki
Selain pembengkakan di bagian kaki, penderita kanker serviks juga akan mengalami nyeri kaki. Hal ini dikarenakan kanker yang sudah menyebar ke bagian kaki, akibat pembengkakan pada leher Rahim. Gejala ini juga perlu diwaspadai dan harus segera ditangani oleh dokter yang bersangkutan. Untuk itu, Anda wajib melaporkan setiap gejala yang dirasakan supaya dokter menangani penyakit kanker serviks dengan tepat.

16.          Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur
Selain sakit saat menstruasi, penderita penyakit kanker serviks juga mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal tersebut dikarenakan gangguan hormonal yang diakibatkan perkembangan sel-sel kanker yang terjadi di area leher Rahim. Sebaiknya konsultasikan bersama dokter bila siklus menstruasi Anda tak teratur dan terjadi secara terus menerus. Selain itu, jika terjadi pendarahan menstruasi yang tidak biasa tentu Anda harus segera melakukan pemeriksaan untuk penanganan yang lebih lanjut.

17.          Keluar Feses atau Cairan Urine dari Jalan Lahir
Gejala penyakit kanker serviks stadium lanjut lainnya yaitu keluarnya feses atau cairan urin dari jalan lahir. Gejala ini biasanya terjadi saat sel kanker telah menyebar menuju sekat-sekat yang telah memisahkan antara jalan lahir dengan feses atau tinja pada bagian belakang. Sementara jika telah menyebar pada bagian depannya, dengan begitu yang akan menjadi korbannya yaitu sekat pada kandung kemih. Sehingga sekat pun menjadi rapuh hingga akhirnya mengalami kebocoran. Maka dari itu, urin atau feses dapat bocor atau merembes ke jalan lahir.

18.          Mudah Terjadi Patah Tulang
Mungkin banyak yang tidak menduga penyakit kanker serviks bisa menyerang bagian tulang. Hal ini memang sebagian besar terjadi pada penderita penyakit kanker serviks, yang menjalar hingga ke bagian tulang. Adapun tulang yang mengalami terjadinya kanker tersebut lebih mudah patah dan rapuh walaupun terkena oleh benturan yang ringan. Hal ini biasanya terjadi pada pasien penderita kanker serviks lanjutan di stadium akhir yang tentunya wajib diwaspadai. Bila sudah terjadi, secara otomatis perkembangan kanker sudah menyebar hingga ke bagian tulang dan hal ini sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian pada penderitanya.

19.          Gagal Ginjal
Dimana ginjal manusia berperan untuk menyaring sampah di dalam darah. Dimana produk sisa tersebut akan dikeluarkan tubuh lewat urine lewat saluran ureter. Untuk beberapa kasus penderita kanker serviks di stadium lanjut, maka sel kanker ini bisa menekan bagian ureter, dengan begitu dapat mengganggu sistem aliran urin pada ginjal. Adapun penyaluran urin yang terganggu akan menumpuk pada ginjal, biasa disebut sebagai hidronefrosis. Hal tersebut dapat mengakibatkan ginjal membesar dan mengalami pembengkakan. Dalam kasus hidronefrosis berat, maka ginjal pun bisa rusak hingga membuatnya tak dapat bekerja secara maksimal.

20.          Cairan Berbau Keluar Dari Vagina
Berbeda dengan keputihan, komplikasi cairan berbau tak sedap juga keluar dari vagina pada penderita kanker serviks stadium lanjut. Adapun keluarnya cairan tersebut dapat dikarenakan oleh berbagai macam hal, misalnya saja kerusakan jaringan, rectum lewat vagina maupun infeksi bakteri di vagina. Pengobatan kelainan cairan pada vagina tersebut biasanya bisa memakai gel antibakteri dengan kandungan metronidazole. Selain itu juga bisa dengan menggunakan pakaian dengan kandungan zat arang atau karbon. Dimana karbon merupakan senyawa kimia paling efektif menyerap bau tak sedap pada vagina.

Selain 20 gejala kanker serviks di atas, ada beberapa komplikasi yang juga dapat terjadi pada penderita kanker serviks. Salah satunya terjadinya penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini umumnya terjadi setelah penderita dilakukan kemoterapi dan operasi. Dimana kedua tindakan tersebut bisa meningkatkan pembentukan gumpalan. Timbulnya tumor berukuran besar bisa menekan bagian pembuluh darah vena pada panggul, dengan begitu mengakibatkan melambatnya aliran darah.

Lebih dari itu semua, penyakit kanker serviks sendiri memang sulit dideteksi di stadium awal, penyakit ini baru dapat dideteksi sesudah sel-sel kankernya menyebar menuju organ-organ tubuh lainnya. Maka dari itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin terutama jika Anda perokok serta beresiko tinggi mengalami penyakit kanker ganas ini. Selain itu, 20 gejala kanker serviks ini juga bisa dicegah dengan selalu melakukan pola hidup dan pola makan yang sehat dan teratur. Lakukan pula medical chek up dengan rutin, konsultasikan pula bila anda mengalami berbagai macam gejala aneh seperti yang dijelaskan di atas!





Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. USB - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger