Home » , , , , » 10 Penyebab Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui

10 Penyebab Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui

10 Penyebab Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui

Kanker serviks tentunya Anda sudah pernah dan juga bahkan sering mendengarkan penyakit yang satu ini. Hal ini dikarenakan kanker ini merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan dan juga paling sering dan umum diderita atau menyerang kaum hawa, baik itu pada usia muda dan juga tua. Jadi bisa dikatakan bahwa jenis kanker yang satu ini tidaklah mengenal usia si penderitanya. Dan kanker ini merupakan kanker yang paling populer juga menerpa seluruh wanita yang ada di seluruh dunia.




Jika kita berbicara mengenai kanker tentunya sering sekali menjadi momok yang sangat menakutkan. Apalagi jika Anda tidak tahu apa penyebabnya dan tiba-tiba Anda sudah menderita penyakit kanker ini yang salah satunya adalah penyakit kanker serviks. Sebenarnya kanker serviks merupakan penyakit yang menyerang atau terjadi di bagian sel-sel leher rahim wanita. Dimana bisa dikatakan sel- sel pada bagian bawah rahim wanita yang menghubungkannya ke vagina. Dan biasanya penyebab kanker serviks ini umumnya disebabkan oleh virus-virus, dan yang paling umum adalah virus Human papillomavirus atau juga dikenal dengan virus HPV.

Namun Anda perlu perhatikan dan juga ketahui dimana biasanya kanker ini menyerang wanita setelah Anda sebagai wanita mulai melakukan hubungan seksual dalam artian sudah menikah. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa bagi Anda yang belum menikah juga bisa berpeluang terkena dengan kanker serviks ini karena berbagai hal lain sebagai penyebabnya.

Pada umumnya yang sering sekali membuat Anda stress atau binggung, bahkan hal ini juga dialami oleh semua orang karena ciri-ciri dari kanker serviks ini sangat sulit untuk diketahui dan juga dirasakan. Oleh sebab itu sering sekali banyak orang yang datang ke dokter dalam kondisi yang sudah parah atau ketika kanker serviks tersebut sudah memasuki stadium lanjut atau stadium yang tinggi. Hal ini dikarenakan biasanya ciri- ciri yang dirasakan pada Anda penderita kanker serviks hanya terasa dan bisa diketahui ketika kanker serviks Anda sudah memasuki stadium lanjut.

Tentu saja hal ini tidak diinginkan oleh siapapun. Karena jika sudah memasuki stadium lanjut kanker serviks ini akan sangat sulit sekali untuk diobati. Untuk itulah penting bagi Anda untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kanker serviks. Dengan demikian mulai dari sekarang Anda bisa berjaga-jaga dan juga mengantisipasi jika Anda kemungkinan terkena dengan penyakit kanker yang mematikan ini.  Atau Anda juga bisa segera melakukan deteksi dini kepada dokter yang merupakan ahlinya.

Nah dari pada Anda pusing dan juga bingung, berikut ini adalah 10 penyebab kanker serviks yang wajib dan juga harus Anda ketahui:

Gonta- ganti Pasangan

Tentunya Anda pernah mendengar akan larangan untuk Anda bergonta-ganti pasangan. Anda dituntut harus setia dalam hal pasangan. Karena begitu banyak sekali keuntungan dan juga manfaat yang bisa Anda dapatkan. Selain itu tentu saja hal ini adalah untuk menghindari Anda dari yang namanya penyakit kanker servisk. Nah salah satu dari 10 penyebab kanker serviks yang wajib Anda ketahui adalah bahwa Anda tidak boleh gonta-ganti pasangan atau dengan kata lain bahwa Anda tidak boleh berhubungan badan dengan lebih dari satu orang atau tidak boleh dengan banyak orang.

Tentu saja bagi Anda yang belum menikah Anda tidak boleh melakukan hal ini, karena sangat berbahaya dan bisa mendatangkan kerugian tersendiri buat kehidupan dan juga kesehatan Anda. Salah satunya bahaya orang yang sering gonta-ganti pasangan dan juga melakukan hubungan badan dengan orang yang berbeda-beda akan mudah terkena dengan penyakit kanker serviks yang mematikan ini.

Nikah Terlalu Dini

Mungkin Anda pernah menonton sinetron pernikahan dini. Nah hal ini juga merupakan salah satu dari 10 penyebab kanker serviks yang harus Anda ketahui. Memang menikah merupakan suatu hal yang sangat bagus untuk Anda menghindari yang namanya perbuatan zinah dan juga maksiat. Namun Anda juga harus perlu memperhatikan menikah di usia dini atau usia yang terlalu muda juga bisa menyebabkan Anda dengan sangat mudah terkena atau terserang dengan yang namanya kanker serviks ini. Hal ini dikarenakan kondisi atau bagian alat-alat reprokduksi Anda seperti vagina masih belum terlalu kuat. Oleh sebab itu pastikan juga bahwa Anda menikah di usia yang tepat untuk mengindari hal- hal yang tidak di inginkan.

Melahirkan

Tentunya setiap orang tua akan sangat senang dan juga bangga sekali jika memiliki banyak anak. Apalagi jika Anda melahirkan dengan normal dan anak-anak yang Anda lahirkan tersebut sehat dan dalam kondisi yang normal pula. Tentu saja hal ini akan menjadi hadiah tersendiri bagi Anda dari Sang Maha pencipta.

Tapi tahukan Anda bahwa jika terlalu banyak melahirkan anak, Anda juga akan rentan dengan yang namanya terserang dengan kanker serviks ini. hal ini disebabkan atau ditakutkan karena terjadinya kontaminasi akan virus-virus dari luar terhadap rahim Anda. Sehingga sangat penting bagi Anda juga untuk selalu memeriksakan diri ke dokter apalagi jika saat ini Anda sedang mengandung atau akan melahirkan. Tentu saja hal ini sangat penting agar Anda dan juga bayi Anda juga bisa selamat, aman dan juga sehat.

Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukan Anda jika banyak sekali penyebab bisa terjadinya kanker serviks yang menyerang Anda. dan 10 penyebab kanker serviks lainnya yang bisa Anda ketahui adalah disebabkan oleh masalah imunitas tubuh Anda. Mungkin selama ini Anda menganggap sepele dan juga menganggap  remeh dengan yang namanya masalah kesehatan dan juga sistem imunitas atau juga kekebalan tubuh Anda. Tapi tahukah Anda karena sulitnya untuk menentukan dan juga melihat ciri-ciri dan kanker serviks ini pada penderitanya, dimana berbagai artikel kesehatan dan juga dibantu dengan berbagai penelitian yang sudah dilakukan mengatakan, bahwa sistem kekebalan tubuh Anda yang lemah juga bisa menyebabkan Anda terserang dengan penyakit kanker serviks ini.

Hal ini disebabkan pada saat sistem kekebalan tubuh Anda melemah dan juga menurun, virus Human Pappilomavirus atau Virus HPV ini akan sangat mudah menyerang Anda. Oleh sebab itu sebaiknya  mulai dari sekarang ada baiknya Anda harus benar-benar memperhatikan dan juga menjaga akan kesehatan Anda. Terutama juga Anda harus menjaga nutrisi yang Anda asup. Mulai perbanyak vitamin seperti vitamin C, istrihat yang cukup. Juga melalukan olahraga yang teratur juga menjadi hal yang sangat penting yang harus Anda lakukan mulai dari sekarang. Stop bermalas-malasan untuk menghindari diri Anda dari penyakit yang mematikan yang satu ini. Karena jika Anda hanya memikirkan pekerjaan apalagi jika Anda seseorang yang sering sekali lembur, kemudian mengkonsumsi makanan yang tidak bernutrisi dan juga tidak sehat. Tentu saja hal ini akan dengan mudah menyebabkan Anda terserang dengan penyakit karena sistem imunitas Anda menurun.

Nikotin

Tahukan Anda jika zat haram yang satu ini juga bisa menjadi penyebab Anda mengalami kanker serviks. Bagaimana tidak bukan hanya kanker serviks saja yang bisa menyerang Anda, karena memang zat ini sangat berbahaya yang bisa mengancam jiwa dan juga hidup Anda karena kecanduan alias tergantung dengan zat ini sehingga Anda bisa melakukan hal-hal yang berbahaya.

Zat berbahaya yang terdapat didalam nikotin tersebut dikatakan bisa meracuni sel-sel yang ada pada mulut rahim Anda, terutama meracuni darah Anda. Karena darah Anda yang sudah teracuni dengan zat berbahaya nikotin ini nantinya akan menganggu atau sangat berpengaruh pada selaput lendir yang terdapat didalam tubuh Anda, tentu saja hal ini juga termasuk dengan selaput lendir yang ada pada rahim Anda dan memicu terjadinya mulut rahim Anda yang abnormal. Selain itu apalagi jika Anda juga merupakan salah satu perokok berat, hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mulut rahim Anda. dan hanya akan memperberat penyebab kanker serviks yang menyerang Anda.

Pembersih Alat Vital Wanita

Mungkin Anda salah satu wanita yang sangat senang membersihkanalat vital wanita dengan menggunakan produk-produk yang ditawarkan di pasaran. Memang menjaga kebersihan alat vital wanita merupakan suatu hal yang wajib dan harus Anda lakukan untuk terhindar dari berbagai hal yang tidak Anda inginkan. Apalagi jika saat ini begitu banyak alat dan juga cairan pembersih alat vital wanita yang dijual bebas di pasaran, dengan berbagai khasiat yang bisa Anda dapatkan.

Hal ini tentu saja adalah untuk membunuh bakteri-bakteri yang merugikan atau tidak menguntungkan bagi alat vital wanita . Tapi tahukan Anda, bahwa tidak semua jenis bakteri yang terdapat di alat vital wanita merugikan Anda. Karena ada beberapa bakteri yang justru baik bagi alat vital wanita. Nah salah satu dari 10 penyebab kanker serviks yang juga harus Anda kenal dan ketahui adalah dengan penggunaan pembersih alat vital wanita yang terlalu sering.

Mungkin Anda berpikir bahwa sering menggunakan pembersih alat vital wanita merupakan hal dan juga langkah yang tepat, namun beberapa produk hanya akan justru membuat Anda menyesali menggunakannya. Hal ini disebabkan karena beberapa pembersih alat vital wanita hanya akan membunuh semua bakteri yang ada di alat vital wanita termasuk bakteri baik atau yang sangat baik untuk alat vital wanita.

Bahan sabun atau juga zat sabun yang terdapat di dalam pembersih alat vital wanita tersebut akan bisa menyebabkan alat vital wanita mengalami iritasi, dan juga bisa menyebabkan kulit-kulit pada dinding dan juga mulut rahim Anda menipis dan hal inilah yang menyebabkan kulit Anda akan mudah teriritasi dan sel-sel pada mulut rahim Anda akan menjadi tidak normal.

Infeksi Virus HPV

Tentu saja penyebab terjadinya penyakit kanker serviks ini adalah disebabkan oleh adanya infeksi dari virus Human Papilomavirus atau juga dikenal dengan istilah Virus HPV pada mulut rahim Anda. Dan bisanya virus ini bisa menular melalui hubungan seksual. Dan sekandar agar Anda tahu, bahwa kanker serviks ini juga bisa menyerang anak dengan usia belasan tahun dan biasanya hal ini akan diketahui pada saat mereka berusia 20 tahun atau kanjer serviks ini akan baru diketahui ketika mereka berumur 30 tahun ke atas. Dan biasanya hal ini mendapatkan penanganan yang terlambat karena biasa kanker serviks yang dialami sudah memasuki stadium yang lanjut.

Merokok Aktif maupun Pasif

Mungkin selama ini Anda tidak pernah memikirkan bahaya ketidak Anda merokok. Memang selam ini merokok hanya dikaitkan dengan yang namanya kesehatan paru paru atau dengan kata lain dengan sistem pernafasan saja. Tapi tahukan Anda merokok juga bisa menyebabkan Anda mengalami yang namanya kanker serviks, dengan kata lain hal ini akan hanya memperparah dan juga menjadikan Anda rentan terkena dengan yang namanya kanker servisk.

Bukan hanya bagi Anda sebagai perokok saja, namu bagi orang-orang disekitar Anda juga bisa dengan mudah terserang dengan yang namanya kanker serviks ini. Atau bagi Anda yang tidak merokok namun berada atau tinggal dengan orang yang sering merokok, Anda juga harus berhati-hati karena Anda akan rentan sekali terserang dengan kanker serviks ini karena zat-zat berbahaya yang terdapat pada asap rokok yang Anda tidak sengaja hirup.

Riwayat Keluarga

Bagi Anda yang memilki anggota keluarga dengan kanker serviks atau juga dikenal dengan kanker rahim ini tentu saja akan lebih mudah atau juga rentan dengan yang namanya terserang dengan kanker rahim ini. karena kanker rahim ini juga bisa disebabkan karena kuturunan.

Namun untuk Anda tidak perlu khawatir, meskipun Anda memiliki riwayat keluarga yang dengan kanker serviks ini, Anda juga masih memiliki harapan agar tidak terserang dengan yang namanya kanker serviks ini tentu saja dengan melakukan berbagai macam tes kesehatan rutin ke dokter agar mengetahui apakah sel- sel di mulut rahim Anda normal atau juga terdapat sel- sel HPV nya. Dan Anda juga tentu nya juga harus menghindari berbagai hal yang bisa memicu terjadinya kanker rahim Anda.

Mengkonsumsi Pil KB

Mungkin Anda salah satu orang yang saat ini mengkonsumsi pil KB, tentunya Anda juga harus berhati- hati dan juga memastikan batas waktu yang tepat dalam hal mengkonsumsi pil KB ini. Mungkin banyak dari Anda yang memilih dan juga mengkonsumsi pil KB ini supaya menjaga keturunan Anda atau bisa dikatakan dalam hal membatasi keturunan Anda. Namun tahukah Anda mengkonsumsi pil KB dengan jangka waktu yang lebih dari lima tahun apalagi berturut- turut bisa menjadi penyebab Anda mengalami yang namanya kanker serviks ini.

Dan hal ini juga hanya akan meningkatkan dua kali lipat bahwa Anda akan memiliki faktor resiko akan mengalami kanker serviks. Jadi pastikan Anda memeriksakan diri Anda dan juga berkonsultasi ke pada ahlinya agar Anda tidak salah dalam hal menggunakan dan juga mengkonsumsi pil KB ini.

Nah itu dia 10 penyebab kanker serviks yang harus Anda ketahui. Untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja Anda harus melakukan berbagai macam tes kesehatan yang rutin ke dokter atau ahlinya, untuk menjaga kesehatan Anda atau bagi Anda yang sudah menderita kanker serviks ini pastikan juga bahwa Anda menjaga kesehatan Anda menghindari beberapa faktor resiko lainnya yang bisa memperberat kanker serviks yang Anda alami dan tentu saja Anda juga harus menjaga kesehatan Anda dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat, yang banyak juga mengkonsumsi sayuran dan juga buah- buahan serta istirahat yang teratur.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. USB - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger