Home » , , , , , , , , , , , , , , , , , , » Cara Gampang Bikin Lirik di Android

Cara Gampang Bikin Lirik di Android

Bagi pencinta musik pasti senang bernyanyi. Untuk bernyanyi adalah sangat baik kalau bisa melafalkan lirik dari sebuah lagu dengan lancar. Untuk hal ini dibutuhkan teks lirik yang bisa dibaca bersamaan musik atau sebuah lagu di nyanyikan dengan menggunakan smartphone android. Untuk hal ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan lirik namun syarat utama harus terhubung dengan internet.Untuk mengatasi hal ini, ada cara gampang membuat lirik tampil pada audio player android tanpa terhubung dengan internet alias seperti aplikasi lirik lagu tanpa koneksi internet. Dalam tutorial kali ini saya membuat dengan menggunakan smartphone Xiaomi dengan audio player bawaan. Dengan demikian Anda seperti mempunya aplikasi lirik lagu offline android. Berikut ini caranya :



01. Instal aplikasi yang bernama "andLyrics" dari Google play atau play store. Setelah ketemu, silahkan dipasang atau diinstal ya
Gbr 01. Cara Gampang Bikin Lirik di Android


02. Setelah terpasang silahkan di "open" alias dijalankan aplikasinya:
Gbr 02 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

03. Tinggalkan dulu aplikas "andLyrics", kita buka pemutar lagu atau audio player di smartphone untuk menentukan lagu yang akan dipasangkan lirik. Pada contoh ini saya menentukan lagu yang akan dipasangkan lirik adalah lagu "cinta sebening embun"
Gbr 03 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

04. Kita kembali ke aplikasi andLyrics, kita klik tombol "pencari lirik" (lihat panah no.1) lalu kita ketikkan judul lagu yang akan kita pasangkan lirik. Pada contoh ini saya akan ketikan "cinta sebening embun" (lihat panah no.2). Lalu kita klik lagi tombol pencarian (lihat panah no.1)
Gbr 04 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

05. Kalau ada maka akan ditampilkan hasil pencarian lirik oleh aplikasi andLyrics seperti pada gambar dibawah ini. silahkan pilih dan klik salah satu hasil pencarian lirik lagu 'cinta sebening embun"
Gbr 05 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

06. Terkadang setelah dipilih dan di klik, ternyata hasilnya berantakan teks liriknya seperti pada gambar dibawah ini
Gbr 06 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

07. Jika hasilnya tidak bagus, kita mencari lagi tahap point 04. Setelah itu akan mendapatkan file yang rapi seperti gambar dibawah ini. Pada saat sebuah lirik ditampilkan seperti ini maka file lirik sudah ada di smartphone namun dengan nama file null-null.lrc bukan nama file sesuai judul lagu. Jika nama file ini tidak segera diubah sesuai judul lagu yg hendak kita pasangkan lirik, maka file ini akan hilang disaat kita mencari file berikutnya. Karena file berikutnya akan disimpan otomatis dengan nama null-null.lrc juga alias ditimpa. Oleh sebab itu adalah sangat penting setiap kali sudah menemukan lirik lagu maka segera ubah nama filenya sesuai dengan judulnya.
Gbr 07 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

08. Sekarang kita akan merubah nama file lirik lagu yang barusan kita cari menjadi "cinta sebening embun". Pertama kita buka aplikasi file manager. Pada smartphone ini aplikasi file manager bernama "Berkas" seperti ditunjuk anak panah pada gambar berikut:
Gbr 08 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

08a. Kemudian cari dan klik folder yang bernama "Android" seperti pada gambar dibawah ini
Gbr 08a Cara Gampang Bikin Lirik di Android

08b. Kemudian cari dan klik folder "Data" lihat gambar dibawah ini
Gbr 08b Cara Gampang Bikin Lirik di Android

08c. Kemudian cari dan klik folder yang berakhiran "andLyrics"
Gbr 08c Cara Gampang Bikin Lirik di Android

08d. Kemudian cari dan klik folder "files"
Gbr 08d Cara Gampang Bikin Lirik di Android

08e. Kemudian cari dan klik folder "lirycs"
Gbr 08e Cara Gampang Bikin Lirik di Android

08f. Akhirnya sampai pada tempat penyimpanan file lirik dengan nama "null - null.lrc". Nama filenya harus diubah menjadi nama judul lagu dalam contoh ini "cinta sebening embun"
Gbr 08f Cara Gampang Bikin Lirik di Android

09. Cara ganti nama file yaitu menekan tahan nama filenya maka akan keluar menu seperti pada bagian yang ditunjuk anak panah no.2 lalu silahkan diklik
Gbr 09 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

10. Sesudah diklik akan tampil menu berikut dimana terdapat menu "ganti nama" seperti yang ditunjuk panah no. 3 pada gambar dibawah ini
Gbr 10 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

11. Setelah menu "ganti nama" diklik akan tampil menu untuk bisa mengganti nama file tapi akhiranya tetap .lrc tidak boleh diganti,
Gbr 11 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

12.Setelah diganti nama filenya, lanjutkan dengan mengklik "OK"
Gbr 12 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

13. Setelah diklik "OK" maka nama file sudah berubah sesuai judul lagu yang akan dipasangkan lirik. Fila siap dipasang ke lagu.
Gbr 13 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

14. Kita buka aplikasi pemutar lagu atau audio player atau musik player untuk mencari lagu yang akan dipasangkan liriknya. Silahkan klik pemutar lagunya pada contoh ini seperti yang ditunjuk anak panah.
Gbr 14 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

15. Setelah aplikasi pemutrar lagu terbuka, cari dan klik lagu yang akan dipasangkan lirik. Pada contoh ini lagu "cinta sebening embun"
Gbr 15 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

16. Setelah lagu dipilih dan diklik, maka akan tampil dimana lagu itu siap untuk dimainkan seperti yang ditunjuk anak panah pada gambar dibawah ini. Silahkan diklik lagunya untuk lanjut ke langkah berikut
Gbr 16 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

17. Setelah diklik maka akan tampil seperti gambar berikut. Silahkan klik menu yang ditunjuk anak panah ( lingkaran dengan 3 buah titik)
Gbr 17 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

18. Setelah diklik langkah berikut, klik menu "ubah info lagu" seperti pada anak panah
Gbr 18 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

19. Kemudian klik tulisan "Ketuk untuk ubah lirik"
Gbr 19 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

20. Langkah berikut klik menu "pilih lirik" pada bagian bawah seperti yang ditunjuk anak panah
Gbr 20 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

21. Setelah menu "Pilih lirik" diklik maka kita cari tempat file lirik yang sudah diganti nama tadi (untuk itu ikuti ulang langkah 08a - 08e) kemudian akan ketemu tempat file liriknya. Klik file lirik (panah no.1) lalu klik OK (panah no.2)
Gbr 21 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

22. Lalu OK (lihat anak panah) untuk menyimpan lirik lagu dalam info lagu
Gbr 22 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

23.Setelah file lirik sudah dipasang (sudah tersimpan) klik OK sekali lagi untuk menyelesaikan proses ini
Gbr 23 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

24. Lalu silahkan di tes play lagunya untuk melihat hasilnya. Cara ini bisa benjadi alternatif aplikasi lirik lagu android tanpa koneksi internet.
Gbr 24 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

25. Geser laya ke kiri untuk melihat liriknya, SELAMAT LAGU ANDA SUDAH TERPASANG LIRIK. Anda bisa menikmati lirik ini tanpa harus terhubung dengan internet karena file lirik sudah tersimpan pada smartphone Anda. Jadi Anda tidak perlu lagi menacari-cari dan men-download aplikasi lirik lagu untuk android Anda.
Gbr 25 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

Gbr 26 Cara Gampang Bikin Lirik di Android

Demikianlah cara menampilkan lirik lagu di android tanpa koneksi internet. Mungkin ini bisa menjadi solusi cara menampilkan lirik lagu di android oppo. Bagi yang berhasil memakai cara ini sebagai solusi dari cara menampilkan lirik lagu di android samsung dan oppo tolong di share komen disini ya. Kalau Anda berniat men-download aplikasi lirik lagu tanpa koneksi internet, tutorial ini sebagai salah satu solusinya. Begitu juga bagi Anda yang sedang mencari cara untuk mengatasi musixmatch offline lyrics, cara ini bisa dicoba ya, kalau bisa silahkan dibagikan disini.


Semoga bermaafaat

Tolong bantu dibagikan lewat FB, Twitter, G+ dll mungkin Anda bisa menolong orang lain yang membutuhkan informasi ini

Terima kasih















Share this article :

1 komentar:

 
Copyright © 2013. USB - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger