Home » , , , , , , , , » 10 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Kartu Kredit

10 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Kartu Kredit

10 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Kartu Kredit

Bagi orang yang tinggal di perkotaan kemudahan transaksi dalam berbelanja menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena hal itu bisa sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu orang-orang di perkotaan senang menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhannya. Karena tentunya di kota ada banyak sekali fasilitas yang menunjang bagi pengguna kartu kredit sehingga hal tersebut dimanfaatkan dengan sangat baik oleh masyarakat perkotaan untuk mempermudah transaksi keuangannya.

Dengan adanya kartu kredit sering kali Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan karena pada saat belanja di mall misalnya dengan menggunakan kartu kredit tertentu pada pusat perbelanjaan tersebut maka Anda bisa mendapatkan diskon besar atau bahkan cashback maka tentunya jika bisa mendapatkan keuntungan itu pastinya Anda akan merasa tergiur untuk menggunakan kartu kredit untuk diri Anda bukan?

Namun jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan kartu kredit karena kartu kredit juga bisa menjadi suatu masalah ketika Anda menggunakan kartu kredit Anda secara berlebihan sehingga tagihan kartu kredit Anda menjadi membengkak. Karena masalah ini banyak juga orang yang merasa tidak nyaman saat menggunakan kartu kredit.

Jika Anda sembarangan, maka kartu kredit Anda juga bisa saja disalahgunakan oleh orang lain. Maka dari itu dalam menggunakan kartu kredit sebaiknya Anda mengerti dulu tentang 10 hal yang perlu diketahui tentang kartu kredit, barulah Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit atau tidak, karena membawa uang tunai kemana saja pun sama sekali tidak merepotkan. Orang yang menggunakan kartu kredit sampai saat ini masih tidak lebih banyak dari orang yang menggunakan uang tunai dalam berbelanja.

Karena tentunya tidak semua tempat menerima pembayaran kartu kredit. Untuk lebih mengenal tentang kartu kredit dan sebagai bahan pertimbangan Anda dalam menggunakan kartu kredit maka sebaiknya Anda membaca informasi tentang 10 hal yang perlu diketahui tentang kartu kredit berikut ini sehingga dengan demikian Anda bisa memiliki gambaran tentang penggunaan kartu kredit dan apakah Anda benar-benar membutuhkan sebuah kartu kredit untuk transaksi keuangan Anda.


1.     Pengertian Tentang Kartu Kredit

Sebelum Anda mengerti dengan sejelas-jelasnya tentang kartu kredit maka tentunya Anda harus membaca dulu apa yang disebut dengan kartu kredit. Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank tertentu dimana Anda menjadi nasabahnya, dimana dengan kartu kredit tersebut maka Anda bisa menggunakannya untuk membeli suatu produk atau jasa dengan dana yang ditanggung oleh bank, nantinya setiap bulan pihak bank akan mengirimkan tagihan kepada Anda berisi pengeluaran yang Anda keluarkan selama sebulan itu yang harus Anda bayar kembali kepada pihak bank.

Tentunya dalam membuat kartu kredit harus ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi.  Karena tentunya sebuah bank juga tidak sembarang dalam mengeluarkan kartu kredit untuk nasabahnya. Jika sampai nasabah tidak bisa membayar maka tentu akan menyulitkan bagi bank tersebut. Anda pun harus berpikir dengan matang sebelum membuat kartu kredit karena tergiur dengan kemudahan itu maka terkadang nasabah akhirnya menggunakan kartu kreditnya dengan sebebasnya tanpa memikirkan apakah ia akan mampu membayarkan tagihan kartu kreditnya atau tidak pada bulan itu.


2.     Cara Kerja Kartu Kredit

Setelah mengetahui tentang apa itu kartu kredit maka untuk melengkapi 10 hal yang perlu diketahui tentang kartu kredit selanjutnya maka Anda juga membutuhkan sebuah pengetahuan tentang bagaimana cara kerja dari kartu kredit sehingga setelah mengetahuinya Anda bisa menggunakannya dengan lebih bijaksana karena sudah mengetahui tentang bagaimana cara kerjanya dan bisa memanfaatkan keuntungannya dengan seperlunya serta menghindari hal-hal yang bisa merugikan Anda dalam menggunakan kartu kredit setelahnya.
Pada dasarnya pada saat Anda menggunakan kartu kredit untuk transaksi maka Anda sedang melakukan utang piutang dengan bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda karena pada saat Anda membuat sebuah kartu kredit maka Anda tidak perlu memiliki tabungan pada bank tersebut, lalu darimana dana yang Anda gunakan untuk transaksi itu?

Dana yang Anda gunakan untuk transaksi menggunakan kartu kredit itu adalah dana yang dikeluarkan sendiri oleh bank tersebut, maka dari itu istilahnya Anda seperti sedang mengutang dengan pihak bank dan utang itu harus dibayarkan setiap bulannya. Maka dari itu dalam menggunakan kartu kredit haruslah bijaksana, jika Anda tidak mau menanggung tagihan kartu kredit yang besar setiap bulannya.

Jika Anda tidak bisa membayar tagihannya setiap bulan maka Anda akan dikenai denda karena dianggap telah menyalahi aturan, selain itu tagihan kartu kredit juga biasanya mengandung bunga. Namun tentunya jika Anda menggunakan kartu kredit maka Anda bisa mendapatkan kemudahan berbelanja seperti diskon, cashback atau bunga 0% pada cicilan barang yang Anda lakukan.


3.     Cara Pakai Kartu Kredit

Untuk menggunakan kartu kredit maka Anda hanya terbatas untuk dapat menggunakannya pada  tempat yang memiliki mesin Electronic Data Capture (EDC) saja, Anda tentu pernah melihat di pusat perbelanjaan besar yang menggunakan sebuah alat kecil dimana kartu kredit Anda akan digesek untuk pembayaran?

Nah, alat itulah yang disebut dengan EDC yang akan mencatat berapa banyak transaksi yang Anda lakukan. Alat itu langsung terhubung dengan akun bank yang bersangkutan sehingga bank tersebut bisa mendapatkan data yang nantinya akan ditagihkan kepada Anda setiap bulan pada tanggal tertentu yang sudah ditentukan.

Jika Anda tidak bisa membayar semua jumlah tagihan pada satu bulan maka Anda biasanya akan diberikan keringanan dengan membayar paling tidak 10% dari tagihan bulan itu, namun sisanya tentu akan ditangguhkan pada bulan berikutnya sehingga Anda pun di bulan depan harus lebih berhati-hati jika tidak ingin terus menumpuk utang Anda pada bank tersebut. Tentunya bank tidak sembarang memberikan kemudahan ini, maka dari itu ada beberapa jenis kartu kredit dengan batas nilai pemakaian yang berbeda. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan Anda.


4.     Tetapkan Tujuan Dalam Penggunaan Kartu Kredit

Hal lain yang tidak boleh luput dari perhatian Anda dalam 10 hal yang perlu diketahui tentang kartu kredit ini adalah sebelum Anda menggunakan kartu kredit maka Anda tentunya harus menetapkan tujuan Anda dalam menggunakannya. Anda jangan sekali-kali berpikir untuk memiliki kartu kredit jika tujuan Anda adalah untuk menunjukkan diri Anda sebagai orang yang elite karena memiliki kartu kredit.

Dengan tujuan tersebut dipastikan bahwa kartu kredit Anda akan sering mengalami pembengkakan tagihan yang tidak bisa Anda bayarkan, sebab dengan tujuan untuk menambah harga diri Anda di depan teman-teman Anda maka tentunya Anda akan melakukan gaya hidup yang boros dengan suka berbelanja tanpa memikirkan kemampuan Anda.

Maka dari itu sebaiknya saat Anda hendak membuat kartu kredit  maka tujuan Anda adalah karena Anda memang butuh. Misalnya karena Anda sering bepergian ke luar negeri karena pekerjaan Anda maka tentunya penggunaan kartu kredit pasti akan sangat membantu Anda dalam bertransaksi di luar negeri.


5.     Macam-Macam Plafon Kartu Kredit

Perlu Anda ketahui bahwa tentunya bank tidak sembarangan dalam mengeluarkan kartu kreditnya, tentunya ada aturan yang mengikatnya sehingga antara bank dan nasabah yang menggunakan kartu kredit itu bisa sama-sama mendapat keuntungan yang sama. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan kartu kredit dengan plafon yang artinya batas nilai pemakaian.

Maka dari itu berdasarkan batasnya ini Anda yang ingin menggunakan kartu kredit ini bisa memutuskan untuk memilih salah satu dari macam kartu kredit berdasarkan batas pemakaiannya ini dengan membandingkannya dengan kemampuan yang dimiliki setiap bulannya.

Kartu kredit yang pertama adalah kartu kredit silver yang merupakan kartu kredit yang biasanya diperuntukkan untuk orang-orang yang memiliki penghasilan sama dengan atau dibawah 5 juta rupiah per bulannya. Untuk menggunakan kartu kredit ini maka limitnya setiap bulan hanya sampai 5 juta rupiah, dengan begitu dalam hal ini bank juga membantu nasabah untuk berbelanja yang melebihi dengan kemampuannya.

Kemudian ada juga kartu kredit gold yang digunakan untuk orang-orang yang penghasilannya diantara 5 sampai 10 juta per bulannya. Dengan batasan kartu kredit sebesar 5 sampai 14 juta per bulannya. Terakhir ada jenis kartu kredit premium yang digunakan bagi orang yang penghasilannya melebihi 10 juta rupiah per bulan dengan batasan kartu kredit sampai ratusan juta rupiah.


6.     Bank Penerbit Kartu Kredit

Salah satu dari 10 hal yang perlu diketahui tentang kartu kredit yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah bank mana saja yang bisa menerbitkan kartu kredit. Sebab memang tidak semua bank dapat menerbitkan kartu kredit, kebanyakan bank daerah biasanya tidak mengeluarkan kartu kredit.

Di Indonesia sendiri ada sekitar 24 bank yang mengeluarkan kartu kredit untuk nasabahnya, tentunya setiap bank itu memiliki kelebihannya masing-masing dalam mengeluarkan kartu kredit maka dari itu sebelum Anda memilih bank yang mana, maka Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang kelebihan yang akan Anda dapatkan apabila Anda menggunakan kartu kredit tersebut. Misalnya salah satu bank mengeluarkan diskon jika Anda menggunakan kartu kreditnya pada pusat perbelanjaan tertentu yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga dengan demikian Anda bisa mendapatkan kemudahan belanja dimana saja pusat perbelanjaan itu ada.


7.     Syarat Pembuatan Kartu Kredit

Untuk membuat sebuah kartu kredit tentunya Anda harus melengkapi sejumlah syarat untuk membuat sebuah kartu kredit pada bank tertentu. Biasanya secara umum syarat ini pada setiap bank sama saja jika Anda tambahan hanyalah sedikit. Jika Anda ingin membuat kartu kredit setelah Anda berhasil mengumpulkan informasi yang cukup tentang 10 hal yang perlu diketahui tentang kartu kredit maka Anda bisa membaca informasi ini untuk membuat kartu kredit.

Pertama Anda tentunya membutuhkan sebuah formulir pengajuan kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank tersebut. Lalu Anda juga membutuhkan fotokopi KTP Anda, namun untuk dapat membuat kartu kredit ini maka usia Anda harus sudah diatas 21 tahun. Kemudian setidaknya Anda memiliki penghasilan tetap setiap bulannya minimal 3 juta rupiah barulah Anda bisa membuat kartu kredit.

Pada saat hendak menyerahkan syarat ini maka Anda juga membutuhkan sebuah bukti pembayaran gaji Anda selama 3 bulan terakhir yang bisa diperlihatkan dengan slip gaji yang Anda terima selama 3 bulan terakhir. Tak lupa juga fotokopi NPWP dan fotokopi buku tabungan terakhir, meski Anda tidak harus memiliki tabungan di bank tersebut namun Anda diharuskan memiliki sebuah rekening di bank lain sekali pun. Jika Anda sudah memiliki kartu kredit pada bank lain maka Anda bisa menyerahkan tagihan kartu kredit Anda selama 3 bulan terakhir ini, namun jika tidak punya maka syarat ini dianggap tidak perlu.


8.     Bunga Pembayarakan Kartu Kredit

Perlu Anda ketahui juga bahwa ada bunga dalam pembayaran kartu kredit setiap bulannya, biasanya setiap bank menetapkan bunganya berbeda-beda, namun kisarannya bunga yang harus Anda bayarkan itu adalah 2,75 % sampai dengan 3% setiap bulan. Namun ada cara untuk menghindari pembayaran bunga kartu kredit ini sehingga Anda tidak perlu membayarnya dan hanya perlu membayar tagihan Anda saja.

Caranya adalah dengan membayar tagihan kartu kredit Anda sebelum tanggal jatuh temponya. Dengan demikian maka Anda akan terbebas dari keharusan Anda dalam membayar bunga tersebut. Karena jika dikalkulasikan maka bunga yang harus Anda bayar ini termasuk besar ketika Anda terlambat membayar tagihannya setiap bulan.


9.     Biaya Tambahan Kartu Kredit

Dalam pembayaran kartu kredit ada beberapa biaya tambahan yang perlu Anda ketahui sebagai salah satu dari 10 hal yang perlu diketahui tentang kartu kredit. Biaya yang pertama terkait dengan kartu kredit adalah biaya iuran tahunan yang biasanya digunakan untuk keperluan proses transaksi Anda, tentunya iuran ini berbeda-beda tergantung plafon kartu itu.

Ada juga bank yang membebaskan pembayaran iuran di tahun pertama sebagai bonus. Biaya keterlambatan pembayaran juga harus Anda bayarkan ketika Anda membayar tagihan melebihi batas waktunya yang telah ditentukan, biasanya biaya keterlambatan ini tidak lebih dari 10 %. Biaya Tarik tunai adalah biaya ketiga yang perlu Anda ketahui, saat Anda menggunakan kartu kredit Anda pun bisa menarik uang tunai namun akan ada biaya tambahan untuk itu.

Biaya terakhir yang harus Anda ketahui adalah adanya biaya materai yang akan dibebankan pada Anda, untuk biaya materai pada transaksi di bawah 1 juta rupiah maka biaya materainy 3 ribu rupiah saja, sedangkan transaksi di atas 1 juta rupiah biaya materai adalah 6 ribu rupiah.


10.  Cara Pembayaran Kartu Kredit

Anda juga perlu mengetahui tentang pembayaran kartu kredit, sebelum tanggal jatuh tempo bank akan mengirimkan tagihan kepada Anda melalui email atau secara langsung ke alamat Anda. Nantinya berdasarkan tagihan itu maka Anda harus membayarkanya melalui ATM, teller bank atau e-banking.  Salah satu cara itu bisa Anda gunakan untuk membayar kartu kredit sebaiknya sebelum tanggal jatuh tempo setiap bulannya. Demikianlah 10 hal yang perlu diketahui tentang kartu kredit.


11.  Kasir dilarang gesek kartu kredit dua kali (Informasi terbaru)

Hal ini menyangkut keamanan data pemilik kartu kredit (baca: Detik Finance). Dalam artike tersebut dikatakan bahwa Bank BI melarang kasir menggesek kartu kredit di mesin cash, hanya boleh digesek di mesin EDC (Electronic Data Capture) milik bank. Begitu juga dengan kartu debit. Mengesek kartu kredit/kartu debet di mesin Cash Kasir akan merekam data pemilik kartu. Dengan demikian data yang terekam bisa digandakan alias dibikin kartu ganda (dikloning). Hal ini jelas akan sangat merugikan pemilik kartu kredit.


Tolong dishare di media sosial kiranya bermafaat

Terima kasih

Baca juga :
Undian Gratis Hadiah Bernilai Uang Tunai Ratusan Juta Setiap Minggu, ayo adu keberuntungan Anda
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. USB - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger