Home » , , , , , , , , , , , , , , , » 10 cara herbal mengobati diabetes

10 cara herbal mengobati diabetes

10 cara herbal mengobati diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang sering diderita oleh orang yang lanjut usia. Diabetes merupakan salah satu kondisi di mana gula darah di dalam tubuh naik. Penyakit diabetes atau biasa disebut sebagai kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat adanya kelainan pada sistem insulin yang diakibatkan oleh kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Penyakit diabetes terdiri menjadi 2 tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Walaupun, merupakan sama – sama penyakit yang berhubungan dengan gula darah, namun penyebab dari kedua tipe ini berbeda. Ada 10 cara herbal mengobati diabetes dengan mengonsumsi bahan makanan dan herbal yang dianjurkan oleh penderita diabetes.

10 cara herbal mengobati diabetes

 Penyebab diabetes


1.     Adanya kerusakan pankreas


Hal inilah yang merupakan faktor penyebab dari masalah yang terjadi dari penyakit diabetes. Di dalam pankreas terdapat sel beta yang berperan aktif dalam menghasilkan insulin. Insulin akan berfungsi untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Namun, jika sel beta di dalam pankreas mengalami gangguan maka insulin tidak dapat dihasilkan dengan optimal sehingga kadar gula darah di dalam tubuh tidak akan bisa di atur.

2.     Obesitas atau kelebihan berat badan


Obesitas adalah permasalahan dari segala jenis penyakit yang ada di dalam tubuh terutama diabetes. Sebab, timbunan lemak yang tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan resistensi insulin. Di samping itu, lemak yang berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan aliran darah menjadi tersumbat sehingga akan berpengaruh pada fungsi hormon lainnya.

3.     Adanya ketidakseimbangan hormon


Penyebab diabetes atau kencing manis lainnya yaitu adanya hormon tubuh yang tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang tersebut akan menyebabkan sel beta di dalam pankreas akan terganggu dan menyebabkan produksi insulin terganggu. Ketidakseimbangan hormon juga bisa disebabkan karena kelebihan berat badan atau obesitas. Walaupun lemak sangat pentng bagi tubuh untuk sumber energi, namun kelebihan lemak akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

4.     Resistensi sel terhadap insulin


Kadar gula darah di dalam tubuh yang tidak terkendali bisa dikarenakan reaksi penolakan sel terhadap insulin. Akibatnya, glukosa di dalam tubuh tidak dapat digunakan sebagai makanan cadangan maupun sumber energi oleh tubuh. Sehingga kadar gula dalam darah akan terus meningkat dan tidak terkendali.


Pengobatan diabetes dengan bahan herbal


Dalam mengobati diabetes, Anda bisa mengonsumsi beberapa bahan herbal dan makanan di bawah ini. Berikut ini adalah 10 cara herbal mengobati diabetes yang dapat Anda praktikan sendiri di rumah. Lagi pula bahan herbal di bawah ini dapat Anda jumpai di mana – mana.

1.     Coklat hitam


10 cara herbal mengobati diabetes yang pertama adalah mengonsumsi coklat hitam. Jenis coklat ini memiliki kandungan yang kaya akan flavonoid yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mempercepat pengolahan kadar gula darah, mengurangi resistensi insulin dan mencegah seseorang untuk makan secara berlebihan. Coklat hitam merupakan jenis coklat yang banyak mengandung cocoa dan memiliki sedikit susu. Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi coklat hitam akan mengurangi keinginan Anda dalam mengonsumsi makanan berlemak, manis dan asin sehingga kadar gula darah akan tetap seimbang.

2.     Minyak zaitun


Selanjutnya, 10 cara herbal mengobati diabetes adalah menggunakan minyak zaitun. Menurut penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Diet diabetes menggunakan minyak zaitun dapat mencegah terjadinya resistensi insulin, penurunan adiponektin dan penimbunan lemak di dalam perut. Banyak ahli medis menyarankan penderita diabetes untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti lemak yang tidak sehat yang berasal dari mentega. Selain itu, minyak zaitun juga mampu mencegah penyakit jantung.

3.     Brokoli


Brokoli memiliki kandungan akan senyawa sulforphane yang dapat melindungi sekaligus memperbaiki dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular yang berasal akibat dari diabetes. Senyawa ini juga dapat mengontrol kadar gula di dalam tubuh, meningkatkan produksi enzim yang mengontrol sel kanker, meningkatkan proses detoksifikasi alami, serta perlindungan dari anti inflamasi. Brokoli juga memiliki kandungan kromium yabg dapat meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh.


4.     Oatmeal


Dalam memilih sumber karbohidrat juga tidak kalah penting untuk penderita diabetes karena bisa berpengaruh besar pada kadar gula darah. Para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi gandum utuh seperti oatmeal yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat larut tinggi. Serat ini nantinya akan dicerna oleh tubuh dengan lebih lambat sehingga dapat mengendalikan kadar glukosa darah.

Oatmeal juga sumber magnesium yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh untuk mengolah glukosa dan mensekresi insulin dengan baik. Menurut penelitian, orang yang rajin mengonsumsi oatmeal juga dapat menurunkan resiko komplikasi diabetes salah satunya yaitu serangan jantung.

5.     Bayam


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi bayam atau sayuran berdaun hijau lainnya lebih dari satu porsi dapat menurunkan resiko diabetes. Karena sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin K serta mineral magnesium, fosfor, folat, seng, dan potasium. Bayam juga mengandung senyawa lutein, zeaxanthin, dan flavonoid lainnya.

6.     Brotowali


Jenis bahan herbal ini juga tergolong sebagai salah satu dari 10 cara herbal menhobati diabetes yang sangat mujarab. Sebab brotowali memiliki kandungan akan senyawa aktif yang bernama tinokrisposid. Senyawa tersebut berperan aktif dalam mempercepat pengeluaran glukosa melalui peningkatan metabolisme pada tubuh sehingga bahan ini sangat cocok untuk penderita diabetes. Bagian dari jenis tanaman ini yang dapat Anda gunakan adalah bagian batang atau akarnya. Cara membuatnya cukup dengan mencuci salah satu bagian tersebut, kemudian dipotong – potong. Lalu direbus dengan menggunakan air hingga sampai benar – benar mendidih. Selanjutnya saring dan minum ramuan tadi saat sudah dingin. Minum dengan rutin ramuan tadi sampai diabetes benar – benar menurun.


7.     Pare


Pare merupakan salah satu jenis makanan yang banyak tidak disukai oleh orang sebab pare memiliki rasa yang pahit jika tidak diolah dengan benar. Selain, diolah menjadi sayuran ataupun bahan masakan, pare ternyata terbukti sebagai salah satu dari 10 cara herbal mengobati diabetes yang dapat digunakan sebagai penurun kadar gula darah. Menurut penelitian, pare memiliki kandungan senyawa  yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh, diantarannya adalah sebagai anti radang karena sifatnya yang dingin. Kandungan di dalam pare seperti polypeptide – P dan Charantin akan merangsang sel beta untuk aktif memproduksi insulin di dalam tubuh.

8.     Daun yakon


Menurut penelitian daun yakon kaya akan insulin yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, namun dapat difermentasikan oleh usus besar. Maka dengan mengonsumsi yakon  akan meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Walau terbukti yakon memiliki fruktosa sebanyak 35%, namun hampir 25% tidak akan diserap oleh tubuh dan kadar gula darah akan tetap normal. Yakon disebut juga dengan daun insulin karena fungsinya yang ajaib dalam 10 cara herbal mengoabati diabetes untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh dengan cepat. Di samping itu, kandungan senyawa aktif di dalam yakon seperti polimatin B, uvedalin, sonchifolin dan enhidrin memiliki efek sebagai anti diabetes.

9.     Sambiloto


Sambiloto merupakan bahan herbal yang sudah banyak digunakan dari kalangan muda hingga tua dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Sambiloto memiliki kandungan yang baik dalam menyembuhkan jenis diabetes melitus. Untuk cara pengolahannya Anda cukup dengan mendidihkannya dengan air dan minum selagi masih hangat. Perlu diketahui bahwa sambiloto tidak memiliki efek samping sama sekali dan terbilang sangat aman untuk dikonsumsi.

10.  Teh hijau


Bahan herbal selanjutnya sebagai 10 cara herbal mengobati diabetes adalah teh hijau. Teh hijau merupakan salah satu tanaman yang biasa diseduh. Teh hijau merupakan jenis minuman yang pertama kali diperkenalkan di Jepang. Memang teh hijau tidak asing lagi di kalangan wanita sebagai sumber kecantikan. Selain itu, teh hijau ternyata dapat digunakan sebagai bahan pengobatan diabetes. Sebab, di dalam teh hijau terdapat kandungan yang dapat meningkatkan sensitivitas sel di insulin.

Demikianlah informasi tentang 10 cara herbal mengobati diabetes. Semoga informasi ini membantu bagi yang membutuhkan.

Tolong disebarkan, mungkin bisa menolong mereka yang sangat membutuhkan.

Berbagi informasi yang bermanfaat merupakan perbuatan baik atau perbuatan amal.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. USB - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger